Channel Letter

 

Channel Letter

Channel Letter merupakan jenis signage berbentuk huruf-huruf yang berdiri sendiri, tersusun menjadi satu atau lebih kata

 

Channel Letter adalah jenis signage yang berfungsi untuk branding atau menampilkan identitas. Umumnya dipakai untuk menampilkan nama perusahaan. Meskipun fungsinya sama dengan neon box, 3D sign, atau compact slimlight, namun ada yang membedakan channel letter, yaitu bentuk dan penempatannya yang unik. Tidak seperti signage biasa, channel letter merupakan huruf-huruf terpisah yang dirangkai jadi satu kata atau lebih dari satu kata, tanpa latar belakang atau board/papan.

Channel letter memiliki ruang kosong di bagian dalam sehingga dapat diisi dengan sumber cahaya, seperti misalnya macam-macam jenis lampu LED. Karena dibuat dengan ruang kosong, maka channel letter dapat memiliki ketebalan melebihi tebal huruf solid, atau huruf yang tidak memiliki ruang di dalamnya. Ketebalan channel letter sebaiknya berimbang dengan ketinggian channel letter agar terlihat menarik. Channel letter yang terlalu tebal bukan hanya tidak menarik, namun juga membuatnya sulit untuk dibaca.

Termasuk ke dalam kategori sign/signage/reklame untuk promosi, dan umumnya disebut huruf timbul. Huruf timbul atau channel letter umumnya dipilih karena sederhana dan mudah untuk dibaca. Karena itu hindari penggunaan jenis font dekoratif yang memiliki terlalu banyak lengkung, yang dapat mengurangi efektivitas channel letter.

Terdapat bermacam-macam pilihan material di Gusto Sign. Namun material yang paling umum digunakan yaitu stainless, galvanil, kuningan, PVC dan acrylic. Untuk menambah kesan dramatis, dapat ditambahkan lampu LED atau lampu sorot. Lampu LED bisa disematkan di bagian belakang masing-masing huruf, sedangkan lampu sorot biasanya diletakkan di sisi kiri-kanan bagian atas atau bagian bawah channel letter. Khusus untuk penggunaan LED, material yang disarankan adalah acrylic karena bahan acrylic tembus cahaya.

Pemilihan bahan channel letter dan proses pembuatannya turut menentukan usia channel letter. Bahan galvanil akan mudah berkarat, sedangkan bahan kuningan lama kelamaan akan teroksidasi sehingga menjadi kusam. Proses pembuatan yang asal akan mengakibatkan channel letter rusak, misalnya yang paling umum terjadi, retak/pecahnya sambungan antara bagian depan dan samping channel letter.

Yang harus diperhatikan dalam membuat desain channel letter antara lain:
- Pilih font yang mudah untuk dibaca
- Pilih lokasi yang tepat untuk meletakkan channel letter agar terlihat dengan jelas
- Pilih warna yang cukup kontras antara channel letter dan background
- Ukuran huruf cukup besar agar mudah terlihat
- Jarak antar huruf memadai sehingga mudah untuk dibaca
- Jangan membuat channel letter terlalu tebal karena mengakibatkan tulisan sulit untuk dibaca

Channel letter paling cocok dipasang di dinding sebagai center point. Selain dinding, channel letter bisa ditancapkan di halaman outdoor kemudian di sorot oleh sinar lampu. Biasanya channel letter banyak di pakai untuk toko, restoran, kafe, hotel dan jenis usaha lain yang menginginkan nilai estetika tinggi. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan chanel letter Anda.

www.gustosign.com (C) 2013 - Under Construction -