Digital Print Outdoor

Digital Printing Outdoor

Digital Printing Outdoor merupakan proses cetak yang dapat mengubah desain dalam format digital menjadi produk cetak yang ditempatkan di luar ruang, sehingga dapat dinikmati oleh siapa saja

Digital printing merupakan teknik cetak yang banyak dipakai saat ini. Digital printing mengubah desain dalam format digital menjadi produk cetak yang bisa dinikmati siapa saja.

Keuntungan Digital Printing dibandingkan teknik cetak analog antara lain:

- Menghasilkan gambar yang lebih rapi

- Pengerjaannya lebih cepat

- Bisa mencetak dalam jumlah minimum

- Pilihan warna jauh lebih bervariasi

- Berkualitas tinggi

Singkatnya, digital printing hampir seperti mencetak gambar ke dalam kertas memakai mesin cetak/printer biasa, namun pada media yang lebih beragam.

Teknik digital printing biasa dipakai untuk media promosi temporer atau sementara. Misalnya saja banner, pamflet, poster, spanduk, reklame, company profile, annual report, buku menu, alat tulis dan sebagainya. Di samping media televisi, media-media digital printing efektif untuk menjangkau masyarakat luas karena mudah dicerna dan bisa dinikmati siapa saja.

Teknik digital printing bergantung sepenuhnya pada file desain. Karena itu ketika ingin mencetak dengan teknik ini diharapkan file desain sudah siap dengan kualitas sebagus mungkin. Minimal file yang akan di cetak mempunyai resolusi tinggi atau hi-res. Jika tidak, ketika dipindahkan ke media cetak, gambar akan pecah atau warnanya menyusut. Gusto Sign membutuhkan file vector (.cdr, .ai) agar gambar tidak pecah ketika diperbesar, atau file bitmap (.jpg, .jpeg, .png.) dengan resolusi tinggi.

 

Outdoor

Dalam digital printing, banyak aspek yang menentukan hasil cetak. Sebut saja jenis kertas, tinta yang dipakai, resolusi gambar, pemilihan warna, dan sebagainya. Tak hanya itu, penempatan hasil cetak juga ikut mempengaruhi kualitas digital printing. Supaya digital printing jadi efisien, pertama-tama kita harus mengetahui di mana hasil cetak tersebut akan diletakkan. Maksudnya supaya kita bisa menyesuaikan setting digital printing dengan kebutuhan. Karena itu tak akan ada biaya berlebihan atau revisi pengerjaan yang pada akhirnya memerlukan biaya tambahan.

Digital printing untuk penggunaan di luar ruangan berbeda dengan digital printing untuk indoor atau dalam ruang. Karakteristik visualisasi luar ruang mengharuskan hasil cetak dapat dilihat dengan jelas dari jarak jauh. Meskipun begitu, umumnya hasil cetak outdoor berukuran besar sehingga kualitas gambar tak perlu terlalu tajam. Sebaliknya, kualitas material dan tinta perlu diperhatikan karena gambar outdoor sering terpapar panas matahari dan cuaca yang membuat hasil cetak mudah pudar.

Cahaya matahari bersifat merubah pigment warna pada tinta. Akibatnya kita sering melihat spanduk yang dipasang di luar ruang memudar warnanya seiring waktu. Ketahanan tinta sangat menentukan hasil cetak untuk outdoor, karena itu tinta untuk outdoor tidak sama dengan indoor. Media cetak indoor dengan outdoor juga berbeda. Jika hasil cetak akan dipasang dalam waktu lama, sebaiknya memilih material yang tahan terhadap cuaca dan mampu menyerap tinta dengan baik.

Berikut checklist untuk digital printing outdoor:

  1. Fonts. Periksa kembali font yang digunakan dalam file desain. Ubah ke dalam bentuk vektor menggunakan fitur [Create utlines] atau [Convert to Path]. Sertakan file fonts yang dipakai dalam desain pada folder untuk berjaga-jaga seandainya font tidak terbaca software desain di tempat printing.
  2. Ubah setting warna ke dalam CMYK pada color pallete software desain yang Anda gunakan.
  3. Untuk gambar outdoor, set resolusi gambar antara 75dpi-150dpi sudah cukup jelas.
  4. Periksa komposisi warna, dan perkirakan penurunan warna sekitar 1-2 tingkat.
  5. Pastikan ukuran gambar di software sudah sama dengan ukuran jadi. Jika gambar yang ingin dicetak terlalu besar, gunakan perhitungan skala. Bisa mulai dari skala 1:10 dan seterusnya.
  6. Pastikan pilihan kertas yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berapa lama hasil cetak akan terpajang, di mana ia akan diletakkan, berapa besar hasil cetak yang diinginkan. Jika memilih kertas atau media bertekstur, perkirakan apakah tekstur akan mengurangi ketajaman gambar, membuat gambar terlihat pecah atau akan memberi efek warna khusus pada gambar.
  7. Informasikan jenis finishing yang Anda inginkan pada workshop. Jenis finishing seperti laminasi doff/glossy, poly, emboss, dll.
  8. Selalu konsultasikan kebutuhan Anda dengan pihak workshop. Sebagai workshop yang berpengalaman, kami dapat memberikan solusi terbaik sesuai kebutuhan cetak Anda.
www.gustosign.com (C) 2013 - Under Construction -