Laser Cutting

 

Laser Cutting

Laser cutting adalah proses memotong suatu bahan tertentu dengan menggunakan energi laser

 

Penggunaan laser cutting semakin banyak dipilih karena memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan proses pemotongan lainnya. Laser cutting mampu untuk memotong detail pola yang rumit secara cepat, tepat dan rapi. Anda cukup menyediakan file yang dibutuhkan untuk menggerakan laser head, sisanya dikerjakan hingga tuntas oleh mesin laser cutting.

 

Kelebihan Laser Cutting dibandingkan dengan proses lainnya

- Laser cutting dapat memotong pola yang rumit

- Hasil potong yang rapi, seringkali sudah tidak membutuhkan pekerjaan finishing lagi

- Akurat, dimana laser cutting akan memotong seluruh pola sesuai dengan desain yang telah Anda buat

- Memiliki kecepatan cukup tinggi

- Tidak ada batasan jumlah, Anda tetap dapat membuat produk menggunakan laser cutting meskipun Anda hanya membuat satu produk saja

 

Bahan-bahan yang dapat dipotong dengan menggunakan laser antara lain: bahan-bahan lembaran seperti acrylic, kayu, mdf, multipleks, cork, stainless steel, besi, serta bahan-bahan yang lentur seperti kulit, kertas, karet, dan silicon. Setiap jenis bahan memiliki sifat dan ketebalan yang berbeda-beda. Karena itu setiap kali hendak mengerjakan bahan yang berbeda, setting ulang harus dilakukan pada program laser, agar laser cutting dapat menghasilkan potongan yang sempurna.

Laser cutting banyak digunakan untuk pembuatan unsur dekoratif pada interior atau eksterior bangunan, serta bermacam-macam kebutuhan sehari-hari mulai dari furniture, aneka peralatan rumah tangga, pakaian, dll. Kelebihan laser cutting dalam bidang produksi antara lain kemampuannya untuk membuat produk tertentu dalam jumlah terbatas.

Gusto Sign memiliki mesin laser yang memiliki area kerja hingga 2 x 3 meter, sehingga Anda dapat memotong hampir semua jenis bahan. Selain itu, penggunaan mesin laser dari Eropa akan memberikan hasil potong yang jauh lebih rapi, kecepatan dan akurasi potongan yang lebih tepat, serta dapat memotong bahan yang lebih tebal jika dibandingkan dengan mesin-mesin laser lainnya.

Kami membutuhkan file vector (Corel Draw, Illustrator, Inkscape) yang disave dalam bentuk .eps. File ini nantinya akan dibuka dalam program laser cutting, kemudian digunakan untuk menentukan alur arah gerakan laser head. Selain file vector, Anda juga harus mengetahui bahan apa yang akan Anda potong, dan  berapa ketebalan bahan yang Anda pilih. Pastikan bahwa semua garis tersambung secara sempurna, dan tidak ada garis yang berada dalam keadaan tertumpuk.

 

Harga laser cutting ditentukan oleh:

- Ukuran pola laser cutting. Semakin luas ukuran laser cutting, maka harga semakin tinggi

- Kerumitan laser cutting. Semakin rumit, waktu yang dibutuhkan semakin lama, harga semakin tinggi.

- Ketebalan bahan yang akan dipotong. Semakin tebal bahan yang akan dipotong, tenaga laser yang dikeluarkan semakin besar, maka harga semakin tinggi.

- Jumlah laser cutting yang dipesan. Semakin banyak jumlah pesanan, maka harga akan semakin rendah

 

Untuk mendukung proyek-proyek Anda, kami menyediakan mesin-mesin laser yang senantiasa up to date. Jika Anda tidak bermaksud untuk memotong, namun hanya menggores permukaan bahan, maka proses tersebut dinamakan Laser Engraving. Laser Cutting & Engraving juga dapat digunakan bersamaan dalam satu karya. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat selalu berkomunikasi dengan marketing kami.

www.gustosign.com (C) 2013 - Under Construction -