Bangga. Itulah yang mungkin kakek nenek kita rasakan saat digelarnya Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (KAA), 18-24 April 1955. Betapa tidak, negara kita kala itu merupakan salah satu pelopor pertemuan akbar yang menjadi tonggak penting dalam sejarah negara-negara di benua Asia dan Afrika. Prakarsa untuk mengadakan konferensi ini dikemukakan pertama kali oleh Perdana Menteri Republik Indonesia saat itu, Ali Sastroamijoyo.

Indonesia, India, Pakistan, Myanmar, dan Sri Lanka sepakat mengadakan konferensi tingkat tinggi yang bertujuan untuk memajukan kerja sama ekonomi dan kebudayaan diantara negara-negara di dua benua tersebut, dan yang tak kalah penting merupakan usaha menjaga perdamaian dunia. Kelima negara ini memperoleh kemerdekaan dari penjajahan dalam kurun waktu satu dasawarsa sebelumnya, dan konferensi ini merupakan upaya mengajak negara-negara di Asia Afrika untuk menolak diskriminasi ras dan kolonialisme, mengingat ketika itu masih banyak negara di dua benua yang belum merdeka dari penjajahan.

Konferensi-Asia-Afrika-1955-640x360 Uniqpost

KAA juga dimaksudkan untuk meredakan ketegangan politik dan militer yang terjadi pasca Perang Dunia ke-2. Perang dingin terjadi diantara dua negara adidaya, yaitu Amerika Serikat yang mempelopori Blok Barat (Blok Liberal) dan Uni Soviet yang mempelopori Blok Timur (Blok Sosialis Komunis). KAA yang digelar di Kota Bandung ini merupakan tahap yang sangat penting dalam terbentuknya Gerakan Non Blok.

Penyambutan-Bandung -berdikarionline

Sebanyak 29 negara dari Benua Asia dan Benua Afrika yang diwakili oleh para pemimpin negaranya menghadiri KAA 1955 dan melahirkan Dasa Sila Bandung. Dan kini, enam puluh tahun kemudian, KAA akan digelar pada tanggal 19-24 April di Jakarta dan Bandung. Delegasi dari 109 negara di benua Asia dan Afrika akan menghadiri konferensi yang tahun ini berslogan “Advancing South-South Cooperation”.

Rangkaian acara tahun ini akan dimulai di Jakarta dengan pertemuan tingkatsenior officials dan pertemuan tingkat menteri di tanggal 19-20 April. Kemudian KTT yang akan dihadiri para kepala negara diadakan pada 22-23 April. Puncak acara KAA ini adalah Asia Africa Commemoration (Peringatan Asia Afrika) yang akan diadakan tanggal 24 April di Bandung. Termasuk di dalam rangkaian acara peringatan ini adalah Asian African Business Summit dan Asian African Carnaval.

Bangga menjadi bangsa Indonesia. Para pemimpin bangsa kita mempelopori konferensi yang kemudian memberi pengaruh besar bagi dunia. Kebanggaan kita berlipat ganda, karena Indonesia menjadi tempat penyelenggaraan konferensi tingkat tinggi ini. KAA merupakan tonggak bersejarah tidak hanya bagi negara peserta KAA yang sudah merdeka, tapi juga bagi negara lain yang masih berjuang melawan kolonialisme. Dalam kurun waktu 10 tahun setelah KAA berlangsung, sebanyak 41 negara di benua Asia dan Afrika memperoleh kemerdekaannya.

Semakin bangga, karena Indonesia menjadi tuan rumah kembali dalam penyelenggaraan KAA yang dihadiri para delegasi antar ras, agama, dan budaya ini. Momentum ini sangat tepat untuk mengingatkan dunia, bahwa Indonesia berperan besar dalam pergerakan bangsa-bangsa saat itu. Dan kami, Gusto Sign, dengan bangga mempersembahkan video berikut ini, sebagai tribute untuk The 60th Asia Africa Conference Commemoration:

Akhir kata, berikut sepenggal pidato dari Presiden Soekarno RI saat pembukaan KAA 1955 lalu:

“Sisters and Brothers, Indonesia is Asia-Africa in small. It is a country with many religions and many faiths. We have in Indonesia Moslims, we have Christians, we have Civa-Buddhists, we have peoples with other creeds. Moreover, we have many ethnic units, such as Achenese, Bataks, Central Sumatrans, Sundanese, Central-Javanese, Madurese, Toradjas, Balinese, etc. But thank God, we have our will to unity. We have our Pancha Sila. We practise the “Live and let live” principle, we are tolerant to each other. Bhinneka Tunggal Ika – Unity in Diversity – is the motto of the Indonesian State. We are one nation.”

 – Soekarno, Presiden RI pertama, 17 April 1955

WE LOVE INDONESIA!

Kami dapat membantu Anda untuk membuat video Company Profile maupun video produk, hubungi marketing kami.

Sidebar Inner Right

Acrylic Merchandise Kaya Warna

Kebanyakan mahasiswa Desain Komunikasi Visual sibuk berkutat dengan tugas-tugas desain yang menggunu...
Read More

Etching Stainless untuk Bookmark KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi bukan nama asing di tanah air. Apalagi sepak terjangnya kerap diliput b...
Read More

Signage Emax Bandung Indah Plaza

Emax adalah jaringan distributor produk Apple besar di Indonesia. Selain layanan yang baik, Emax ter...
Read More
www.gustosign.com (C) 2013 - Under Construction -